Selasa, 03 Juni 2025 14:00 WIB

Buka LOI CPNS, Dirut RSUP Dr. M. Djamil Tekankan Pentingnya Empati dan Nilai BerAKHLAK

Responsive image
Humas - RSUP dr. Djamil Padang
26

Padang (03/06) - RSUP Dr. M. Djamil menggelar layanan orientasi informasi (LOI) bagi 229 calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2024 di Auditorium Lantai IV Gedung Administrasi dan Instalasi Rawat Jalan. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG, K.F.M, MARS, FISQua di Auditorium Lantai IV Gedung Administrasi dan Instalasi Rawat Jalan, Selasa (3/6).

"Layanan Orientasi Informasi ini bukan hanya tentang pengenalan tugas dan fungsi semata. Melainkan juga tentang bagaimana para CPNS ini akan berinteraksi, melayani, dan menjadi bagian integral dari keluarga besar RSUP Dr. M. Djamil," kata Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG, K.F.M, MARS, FISQua saat sambutan.

Turut dihadiri Direktur Medik dan Keperawatan Dr. dr. Bestari Jaka Budiman, Sp.THT-KL (K), Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian dr. Maliana, M.Kes, Manajer Diklat Ns. Venny Dwita Zola Anwar, S.Kep dan Asisten Manajer Diklat.

Dirut menekankan pentingnya empati dan penerapan nilai-nilai dasar aparatur sipil negara (ASN) BerAKHLAK sebagai fondasi utama bagi para CPNS dalam menjalankan tugas dan pengabdian di rumah sakit rujukan di wilayah Sumatera Bagian Tengah ini.

"Kita sebagai insan kesehatan berhadapan langsung dengan pasien yang sedang dalam kondisi rentan membutuhkan perhatian, dan seringkali merasakan kecemasan. Empati bukan sekadar kata, melainkan sebuah tindakan nyata untuk memahami dan merasakan apa yang pasien rasakan. Ketika  melayani dengan hati, dengan empati, maka kualitas pelayanan kita akan meningkat secara signifikan," jelasnya.

Ia memberikan contoh konkret mulai dari cara menyapa, mendengarkan keluhan, hingga menjelaskan prosedur medis dengan bahasa yang mudah dipahami dan menenangkan pasien serta keluarganya. "Dengan demikian pasien akan merasakan kenyamanan saat mendapatkan pelayanan," ucapnya.

Ia juga menyoroti urgensi internalisasi budaya BerAKHLAK. Sebagai tulang punggung pelayanan publik, ASN di RSUP Dr. M. Djamil diharapkan mampu mengamalkan setiap sila dari nilai BerAKHLAK: Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Nilai BerAKHLAK bukan hanya jargon, melainkan pedoman kita dalam bekerja. Bayangkan, bagaimana jika setiap dari kita berorientasi pelayanan, selalu akuntabel dalam setiap tindakan, terus meningkatkan kompetensi, menciptakan lingkungan kerja yang harmonis, loyal terhadap institusi, adaptif terhadap perubahan, dan mampu berkolaborasi dengan baik? Tentu RSUP Dr. M. Djamil akan menjadi institusi yang tidak hanya unggul secara medis, tetapi juga dicintai oleh masyarakat karena pelayanannya yang tulus dan profesional," tukasnya. (*)