Padang (22/09) - RSUP Dr. M. Djamil kembali menunjukkan komitmennya dalam pelayanan kesehatan. Hal ini terbukti rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan tersebut masuk nominasi tiga besar Fasilitas Kesehatan (Faskes) dalam Pelayanan Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Tingkat Nasional 2025 untuk kategori Rumah Sakit Kelas A.
Penghargaan bergengsi ini merupakan apresiasi tertinggi bagi rumah sakit yang dinilai memiliki komitmen luar biasa dalam mendukung dan menyukseskan Program JKN. Dalam tahapan akhir penilaian yang berlangsung secara virtual di hadapan tim penilai dari BPJS Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, dan Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Persi), RSUP Dr. M. Djamil bersaing ketat dengan dua rumah sakit rujukan nasional lainnya, yaitu RSPAD Gatot Subroto Jakarta dan RSUD dr. Soetomo Surabaya.
Direktur Utama RSUP Dr. M. Djamil, Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG, KFM, MARS, FISQua, memaparkan profil rumah sakit secara komprehensif. Presentasi tersebut mencakup berbagai aspek penting, mulai dari pelayanan, inovasi, hingga dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta JKN.
Dovy Djanas menyampaikan rasa bangga dan optimisme atas pencapaian ini. "Kami bersyukur atas kesempatan ini. Ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim di RSUP Dr. M. Djamil. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadi mitra terbaik bagi BPJS Kesehatan dalam mewujudkan layanan kesehatan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat," kata Dirut.
Ia mengatakan masuknya RSUP Dr. M. Djamil dalam tiga nominasi ini adalah bukti nyata komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan prima. "Kami tidak akan berhenti berinovasi demi memastikan setiap pasien mendapatkan haknya dalam pelayanan kesehatan yang adil dan berkualitas," ujar Dovy didampingi Direktur Medik dan Keperawatan Dr. dr. Bestari Jaka Budiman, Sp.THT-KL (K) dan Direktur Layanan Operasional drg. Ade Palupi Muchtar, MARS.
Sebagai rumah sakit rujukan utama di wilayah Sumatera Bagian Tengah, tegasnya, RSUP Dr. M. Djamil terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Berbagai inovasi telah diterapkan untuk memudahkan akses dan meningkatkan kepuasan pasien. Salah satunya, rumah sakit menghadirkan inovasi Ners Ceria. Filosofi di balik Ners Ceria adalah bagaimana setiap perawat dapat memberikan pelayanan yang tidak hanya profesional secara medis, tetapi juga menyentuh aspek emosional pasien.
"Kami ingin pasien merasa nyaman, didengarkan, dan diberikan perhatian penuh selama menjalani pengobatan, khususnya di Instalasi Rawat Jalan. Inovasi ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman positif bagi pasien, sehingga mereka tidak hanya sembuh secara fisik, tetapi juga merasa didukung secara emosional," ungkapnya.
Penghargaan Fasilitas Kesehatan Berkomitmen dalam Pelayanan Kesehatan Program JKN adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun lanjutan, yang menunjukkan dedikasi tinggi dalam mendukung keberhasilan program JKN.(*)