Jakarta (06/05) – Guna memberikan pedoman perilaku kepada pegawai dalam memberikan pelayanan publik pada masyarakat dan meningkatkan kualitas serta integritas pelayanan di lingkungan Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mahar Mardjono Jakarta mengadakan Workshop Individual Empowering yang bertempat di Auditorium Lantai 16 Gedung B.
Pada pembahasan “Pelayanan Prima Melalui Implementasi Regulasi di Lingkungan Kementerian Kesehatan” oleh Prapti Widyaningsih, SH dari Tim Kerja Hukum dan Hubungan Masyarakat. Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara. Nilai dasar perilaku pelayanan publik terdiri dari Integritas, Profesionalisme, Akuntabilitas, Komitmen dan Kepedulian.
Prapti Widyaningsih, SH menjabarkan bahwa, selama berinteraksi dengan masyarakat pada layanan kesehatan, perilaku interaksi yang harus diterapkan dimulai dari: Penampilan dan Sikap, dimana petugas pelayanan publik diwajibkan berpakaian dengan sopan, rapi, dan sesuai ketentuan serta menunjukkan sikap ramah, santun, dan tidak diskriminatif. Selanjutnya dari Komunikasi, petugas pelayanan publik harus menggunakan Bahasa yang jelas dan mudah dipahami, aktif mendengarkan dan merespon dengan baik, memberikan pelayanan sesuai standar yang berlaku, tidak meminta imbalan atau gratifikasi dalam bentuk apapun. Selain itu, Kerjasama yang kooperatif dengan rekan kerja dan lintas unit yang mengutamakan sinergi dan koordinasi dalam pelayanan. Petugas pelayanan publik juga harus responsive terhadap keluhan dan menyelesaikan masalah dengan cepat, jika diperlukan dapat melibatkan pihak terkait untuk solusi yang optimal.
Harapan dari pengguna layanan atau jasa dari pelayanan publik adalah dapat memperoleh kejelasan informasi pelayanan, rasa nyaman dan aman, segera dapat dilayani, dilayani oleh petugas yang professional, dilayani dengan adil, dipahami keinginannya, dan mudah menghubungi petugas. Oleh karena itu, pada Workshop Individual Empowering ini diharapkan setiap individu yang akan berhadapan langsung dengan masyarakat sebagai pelayanan publik dapat mengimplementasikan nilai dan perilaku pelayanan publik yang prima.